Februari

17

 2023

Cangkrukan Kebangsaan di Desa Pucangtelu

 bakesbang
 442
 17-Februari-2023

Selain di Desa Sumberagung, kegiatan Sosialisasi Sinkronisasi (SOSIS) pada Jumat(17/2) ini juga dilaksanakan di Desa Pucangtelu, Kecamatan Kalitengah. Di Pucangtelu, SOSIS yang dilaksanakan bertemakan "Cangkrukan Kebangsaan". Namun, berbeda dengan yang sebelumnya, kegiatan kali ini mengundang ibu-ibu dari berbagai unsur, khususnya UMKM yang ada di Desa Pucangtelu dan sekitarnya.

Kegiatan kali ini juga turut dihadiri oleh Camat Kalitengah, Nurul Mishbah. Melalui sambutannya, Nurul menyampaikan kondisi terkini Kecamatan Kalitengah yang beberapa desanya tergenang banjir. Meski demikian, Nurul tetap meminta para peserta agar mengikuti kegiatan dengan tertib, mengingat wawasan yang diberikan dapat membuka wawasan karena wawasan kebangsaan adalah hal yang penting.

Hal yang sama juga disampaikan oleh Kepala Desa Pucangtelu, Kaseran. Dirinya menyampaikan bahwa di Desa Pucangtelu dalam menghadapi banjir sudah ada perbaikan sekitar 70% dibandingkan dengan tahun sebelumnya. Meski demikian, masih terdapat sekitar 150 rumah yang terendam banjir. Karena itu, dirinya berharap agar para peserta dapat menyampaikan aspirasinya kepada narasumber.

Kegiatan dibuka oleh Kabid Ideologi, Wasbang, dan Ketahanan Ekonomi, Sosial, Budaya dan Agama Bakesbangpol, Erlina Marhaeni. Namun sebelum dibuka, para peserta diajak melakukan Salam Pancasila dan doa bersama agar banjir segera surut.

Anggota Komisi A DPRD Kabupaten Lamongan, Nahdliyah Kartika Agustin, bertindak sebagai narasumber. Dalam penyampaian materinya, para perempuan adalah pahlawan sebenarnya karena perempuanlah yang melahirkan dan mendidik generasi penerus bangsa, sehingga perempuan memiliki tanggung jawab yang besar.

Dirinya menyoroti menurunnya moral dan akhlak anak-anak saat ini. Banyak yang tidak hafal Pancasila dan Pembukaan Undang-Undang Dasar 1945 sehingga kenakalan remaja tumbuh di mana-mana. Dalam hal ini, peran orang tua sangat penting dalam mendampingi dan mendidik anak mereka. Apabila anak tumbuh dalam kondisi keluarga yang tidak harmonis, anak menjadi rentan terjerumus ke dalam hal negatif.

Kegiatan ini ditujukan untuk memberikan pemahaman wawasan kebangsaan bagi para peserta yang terdiri dari ibu-ibu PKK dan UMKM. Dengan memiliki pemahaman yang baik, maka ibu-ibu peserta dapat mendidik anak-anak mereka sesuai dengan tuntunan Pancasila. Anak-anak adalah generasi penerus bangsa, sehingga apabila tidak dididik dengan benar, maka akan berdampak ke negara yang mana generasi muda tersebut akan menjadi pemimpin ke depannya.

PEMERINTAH KABUPATEN LAMONGAN
Badan Kesatuan Bangsa Dan Politik

Kontak

Jl. Lamongrejo No.92, Lamongan, Sidokumpul, Kec. Lamongan, Kabupaten Lamongan, Jawa Timur 62214


bakesbangpol@lamongankab.go.id
(0322)321706

Pengunjung

Hari Ini 0
Kemarin 0
Minggu Ini 0
Minggu Lalu 0
Bulan Ini 0
Bulan Lalu 0
Tahun Ini 0
Semua 0
#LamonganMegilan
© Badan Kesatuan Bangsa Dan Politik Kabupaten Lamongan 2023