Februari

08

 2023

Cangkrukan Kebangsaan di Desa Menganti

 bakesbang
 415
 08-Februari-2023

Mengawali kegiatan Sosialisasi Sinkronisasi (SOSIS), Bakesbangpol Kabupaten Lamongan bekerja sama dengan DPRD Lamongan mengadakan sosialisasi wawasan kebangsaan dengan tema 'Cangkrukan Kebangsaan'. Desa Menganti, Kecamatan Glagah, dipilih sebagai lokasi pertama kegiatan yang dilaksanakan pada Rabu (8/2) ini.

Cangkrukan Kebangsaan ini dihadiri oleh Istiqomah (Kepala Desa Menganti). Adapun H. Kaharudin dari Komisi A DPRD Lamongan bertindak sebagai narasumber. Peserta kegiatan berasal dari perangkat desa, tokoh masyarakat, pemuda, PKK, dan para ketua RT/RW.

Dalam sambutannya, Istiqomah menyampaikan ucapan terima kasih atas pelaksanaan kegiatan di desanya. Selain itu, dirinya mengungkapkan harapannya agar masyarakatnya antusias sehingga dapat meningkatkan rasa cinta tanah air dan sikap bela negara.

H. Kaharudin dalam penyampaiannya menyampaikan bahwa kegiatan ini sudah dimulai sejak tahun 2022 dengan jumlah 25 peserta dan sekarang ditingkatkan menjadi 50 orang pada 2023.

Menurutnya, kegiatan ini dapat berkontribusi dalam meningkatkan nasionalisme di kalangan masyarakat, karena ancaman yang ada semakin berkembang, tidak lagi terbatas pada ancaman militer. Ancaman nonmiliter dapat berdampak lebih fatal seperti narkoba, radikalisme, penebangan liar, dan serangan siber. Selain itu, Kaharudin juga mengingatkan agar tidak mudah terpengaruh oleh informasi yang asal usulnya tidak jelas karena dapat berpotensi menimbulkan perpecahan. Terlebih, masa sekarang sudah mendekati tahun-tahun politik.

Tantangan dari dalam masyarakat tersbeut sejatinya bisa diatasi apabila masyarakat memiliki kesadaran untuk membela negara. Upaya menumbuhkan rasa bela negara tersebut dapat dibentuk melalui usaha untuk mengenali, mencintai, memiliki, dan membela tanah air.

PEMERINTAH KABUPATEN LAMONGAN
Badan Kesatuan Bangsa Dan Politik

Kontak

Jl. Lamongrejo No.92, Lamongan, Sidokumpul, Kec. Lamongan, Kabupaten Lamongan, Jawa Timur 62214


bakesbangpol@lamongankab.go.id
(0322)321706

Pengunjung

Hari Ini 0
Kemarin 0
Minggu Ini 0
Minggu Lalu 0
Bulan Ini 0
Bulan Lalu 0
Tahun Ini 0
Semua 0
#LamonganMegilan
© Badan Kesatuan Bangsa Dan Politik Kabupaten Lamongan 2023