Juli

08

 2017

SOSIALISASI PENINGKATAN KESADARAN MASYARAKAT AKAN NILAI-NILAI LUHUR BUDAYA BANGSA

 bakesbang
 1002
 08-Juli-2017

Nilai-nilai luhur kebudayaan Nusantara sedang terkena gelombang “tsunami” arus budaya global yang masuk melalui pintu keterbukaan informasi. Sebagaimana yang disampaikan oleh Bpk. HARI AGUS SANTA P.,S.Sos.,MM. (Sekretaris Bakesbangpol Lamongan) dalam sambutannya pada acara Sosialisasi Peningkatan Kesadaran Masyarakat akan Nilai-nilai Luhur Budaya Bangsa di Desa Sekidang Kec. Sambeng. Pada Sabtu, (08/07/2017).

Dalam kesempatan itu Bpk. HARI AGUS SANTA P.,S.Sos.,MM. Menyampaikan, “Pada Kesempatan malam hari ini Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten Lamongan turut berpartisipasi dalam rangka mendukung Program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke 99 di Desa Sekidang Kec. Sambeng yang merupakan bagian dari Pemerintah Kabupaten Lamongan yang sudah berjalan lebih dari 10 Tahun kegiatan ini dengan tujuan untuk membuka akses jalan antar Desa dan antar Kecamatan yang dapat memperlancar perekonomian masyarakat pedesaan”.

“Kegiatan ini dengan tujuan untuk menggali potensi budaya lokal masyarakat setempet, karena Nilai-nilai luhur kebudayaan Nusantara sekarang ini sedang terkena gelombang “tsunami” arus budaya global yang masuk melalui pintu keterbukaan informasi. Daya serap masyarakat terhadap budaya global ini cenderung lebih cepat, dibanding dengan budaya lokal (budaya leluhur). Buktinya, antara lain dapat disaksikan Seperti bagaimana pelajar sekarang dengan mudah memiliki gadget (hanphone dan sejenisnya) dan mengakses semua konten tanpa kontrol. Cara menangkalnya, kembali pada peran aktif orang tua di rumah, pendidik di lingkungan sekolah, serta pendidikan agama yang dominan”. tuturnya.

Pada kesempatan itu juga Bpk. Bambang Eko Muljono,SH,SpN,Mhum,MMA (Selaku Nara Sumber Pertama) Menyampaikan, “Tantangan yang dihadapi Indonesia saat ini, yatu Faktor Internal, Pemahaman dan pengamalan nilai-nilai Pancasila dan ajaran agama yang sempit serta lunturnya penghargaan terhadap Kemajemukan/Radikalisme dan Darurat Narkoba. Terjadinya ketidakadilan dalam bidang Pembangunan Ekonomi, Sosial, Politik dan Hukum di pusat dan daerah.

Faktor Eksternal, Globalisasi yang membawa persaingan antar bangsa yang semakin tajam Kuatnya pengaruh budaya asing dan kurangnya sarana teknologi industri dalam perumusan kebijakan Negara”.tuturnya.

Sebagai Penutup Materi pada kegiatan sosialisasi peningkatan kesadaran masyarakat Akan nilai-nilai luhur budaya bangsa oleh Bpk. H. Masnur Arief, SH. Menyampaikan, “Pemerintah menggunakan terminologi secara resmi tentang konsep kerukunan hidup umat beragama dengan mencakup tiga kerukunan, yaitu kerukunan Intern umat beragama, kerukunan antar umat beragama dan kerukunan antar umat beragama dengan Pemerintah.

Sikap toleransi dalam kehidupan beragama akan dapat terwujud manakala ada kebebasan dalam masyarakat untuk memeluk agama sesuai dengan keyakinannya. Maka Prinsip Toleransi  bukan berarti mengakui semua Agama adalah benar, tetapi poin utamanya adalah tidak ada paksaan dalam menganut keyakinan agama, Upaya Konkrit mengembangkan kerjasama antar umat beragama dengan membentuk aliansi-aliansi dalam membangun kebersamaan, dan menanggulangi problem sosial (Non Aqidah)”.tuturnya.

Bpk. Sudjioto,SE (Kepala Bakesbangpol Lamongan) Berpesan, “Toleransi ketenggangrasaan merupakan hal yang hampir sama pengertiannya, dan apabila kita dapat menjaga toleransi tenggangrasa maka akan terhindar dari gesekan. Jangan sampai pemilu atau pilkada sebagai ajang perang politik atau sebagai ajang permusuhan antar suku, budaya ataupun ras karena akan berdampak merusak sendi persaudaraan kerukunan. Terutama menjelang Pilgub tahun 2018 dan akan ditindak lanjuti dengan Pilpres, Pileg, dan Pilkada ditahun 2021”.

PEMERINTAH KABUPATEN LAMONGAN
Badan Kesatuan Bangsa Dan Politik

Kontak

Jl. Lamongrejo No.92, Lamongan, Sidokumpul, Kec. Lamongan, Kabupaten Lamongan, Jawa Timur 62214


bakesbangpol@lamongankab.go.id
(0322)321706

Pengunjung

Hari Ini 0
Kemarin 0
Minggu Ini 0
Minggu Lalu 0
Bulan Ini 0
Bulan Lalu 0
Tahun Ini 0
Semua 0
#LamonganMegilan
© Badan Kesatuan Bangsa Dan Politik Kabupaten Lamongan 2023