April

30

 2024

Rakor Desa Bersinar, Kepala Bakesbangpol Jelaskan Upaya Pemkab Lamongan Tangkal Narkoba

 bakesbang
 61
 30-April-2024

Pada hari  Selasa, 30 April 2024, bertempat di Aula Elresas Hotel, Kepala Bakesbangpol Kabupaten Lamongan, Drs. Dianto Hari Wibowo, MIP berkesempatan menjadi Narasumber dalam Rapat Koordinasi Pelaksanaan Desa Bersih Narkoba (BERSINAR) yang diselenggarakan oleh Badan Narkotika Nasional Propinsi Jawa Timur.

Hadir pula dalam acara tersebut Ketua Tim Pencegahan dan Pemberdayaan Masyarakat BNNP Jatim, Ketua Tim Rehabilitasi BNNP Jatim, Kepala Dinas PMD Kabupaten Lamongan, Polres, Kodim, Dinas Nakertrans, Dinas Koperasi UMKM, Dinas PPPA, Kecamatan Lamongan, Polsek, Koramil, Kepala Desa dan segenap perangkat Desa Made sebagai lokus Desa Bersinar Kabupaten Lamongan.

Dalam rapat koordinasi tersebut, Dianto menyampaikan materi terkait Keterlibatan Pemerintah Daerah dalam mendukung Program Pencegahan, Pemberantasan, Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika (P4GN).

Sebagaimana diketahui, narkoba merupakan hal yang sangat membahayakan bagi masyarakat karena dapat merusak jiwa generasi muda, merusak fisik dan mental seseorang.

Saat ini pengguna narkoba tidak hanya di kalangan orang tua dan pemuda, namun sudah menyasar kepada anak-anak usia sekolah.

Guna mempersiapkan generasi emas, maka kita perlu membentengi anak-anak kita dari Narkoba, untuk itu perlu peran kita semua selaku stakeholder untuk turut berpartisipasi dalam upaya Pencegahan, Pemberantasan, Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika.

Pemerintah Kabupaten Lamongan telah membentuk Tim Terpadu dalam Upaya Pencegahan, Pemberantasan, Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba.

Dalam upaya P4GN, Bakesbangpol Kabupaten Lamongan bersama dengan Tim P4GN yang terdiri dari Polres, Kodim, Dinas Pendidikan, Dinas Kesehatan, Dinas Pemuda dan Olahraga, OPD terkait serta Ormas/Relawan Anti Narkoba, telah melakukan berbagai kegiatan sosialisasi bahaya narkoba kepada pelajar/mahasiswa dan masyarakat, melaksanakan deteksi dini berupa tes urine kepada ASN di lingkungan Bakesbangpol, Satpol PP dan Dinas Pendidikan, merancang Peraturan Daerah P4GN, mengadakan Lomba TikTok Challenge Gerakan Masyarakat Bebas Narkoba, serta membentuk Kampung Tangguh Bebas Narkoba di Desa Made dan dilanjutkan dengan pembentukan Desa Bersinar bersinergi dengan BNNP.

Dalam kesempatan tersebut, Dianto juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada BNN Provinsi Jawa Timur, bahwa Program Desa Bersinar yang difokuskan ke Desa Made Kecamatan Lamongan, sangat bermanfaat dan memberikan dampak yang positif terkait Upaya P4GN di Kabupaten Lamongan.

Lebih lanjut, Dianto berharap program Desa Bersinar bisa diikuti oleh desa-desa lain di Kabupaten Lamongan agar masyarakat Lamongan terbebas dari narkoba.

PEMERINTAH KABUPATEN LAMONGAN
Badan Kesatuan Bangsa Dan Politik

Kontak

Jl. Lamongrejo No.92, Lamongan, Sidokumpul, Kec. Lamongan, Kabupaten Lamongan, Jawa Timur 62214


bakesbangpol@lamongankab.go.id
(0322)321706

Pengunjung

Hari Ini 0
Kemarin 0
Minggu Ini 0
Minggu Lalu 0
Bulan Ini 0
Bulan Lalu 0
Tahun Ini 0
Semua 0
#LamonganMegilan
© Badan Kesatuan Bangsa Dan Politik Kabupaten Lamongan 2023