September

14

 2023

Silaturahmi Bakesbangpol ke Penghayat Sapta Dharma

 bakesbang
 174
 14-September-2023

Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten Lamongan melakukan kunjungan ke para penghayat kepercayaan Sapta Dharma (Persada) di Sanggar Candi Busono di Desa Mungli Kecamatan Kalitengah pada Kamis (14/9).

Dalam kunjungan ini, rombongan diberikan penjelasan mengenai ritual ibadah yang dilakukan. Ibadah dilakukan dengan melakukan sujud kepada Tuhan YME ke arah timur.

Sujud ini dilakukan dengan posisi duduk bersila dan tangan bersedekap dan secara perlahan membungkukkan badan hingga kening menyentuh kain kafan.

Dijelaskan oleh Pratikto, Ketua Tuntunan Persada Kabupaten Lamongan, kegiatan bersujud tersebut dilakukan minimal sekali setiap hari, namun boleh dilakukan lebih dari sekali apabila memiliki tekat yang kuat.

Kabid Ideologi, Wawasan Kebangsaan, dan Ketahanan Ekonomi, Sosial, Budaya dan Agama Bakesbangpol Lamongan, Sapari, mengapresiasi penjelasan yang diberikan. Pada dasarnya, kepercayaan di Kabupaten Lamongan adalah beragam dan keberagaman tersebut harus dilindungi sesuai dengan amanat UUD 1945 dan aturan turunannya.

Sapari juga meminta agar para penghayat melaporkan perkembangan jumlah penghayat, ataupun ketika terdapat kegiatan besar yang menyangkut peribadatan Sapta Dharma.

Semoga melalui momen ini dapat meningkatkan kerja sama antara Penghayat Sapta Dharma dengan Pemerintah Kabupaten Lamongan sehingga menjadikan Lamongan makin kondusif, aman, dan damai.

PEMERINTAH KABUPATEN LAMONGAN
Badan Kesatuan Bangsa Dan Politik

Kontak

Jl. Lamongrejo No.92, Lamongan, Sidokumpul, Kec. Lamongan, Kabupaten Lamongan, Jawa Timur 62214


bakesbangpol@lamongankab.go.id
(0322)321706

Pengunjung

Hari Ini 0
Kemarin 0
Minggu Ini 0
Minggu Lalu 0
Bulan Ini 0
Bulan Lalu 0
Tahun Ini 0
Semua 0
#LamonganMegilan
© Badan Kesatuan Bangsa Dan Politik Kabupaten Lamongan 2023