Juli

20

 2023

Sosialisasi JPM di SMK NU Lamongan, Perkuat Pembumian Pancasila bagi Generasi Muda

 bakesbang
 230
 20-Juli-2023

Bidang Ideologi, Wawasan Kebangsaan, dan Ketahanan Ekonomi, Sosial, Budaya dan Agama Bakesbangpol Kabupaten Lamongan menggandeng Jejaring Panca Mandala (JPM) Joko Tingkir Lamongan dan Forum Pembauran Kebangsaan (FPK) Kabupaten Lamongan menggelar sosialisasi bertemakan Penguatan Ideologi Pancasila di Aula SMK NU Lamongan pada Kamis (20/7).

Narasumber kegiatan kali ini adalah Sekretaris JPM Joko Tingkir Lamongan, Nur Qomar, dan Ketua FPK Kabupaten Lamongan, Sudjito.

Materi pertama disampaikan oleh Nur Qomar. Dalam penjelasannya, wawasan kebangsaan pada hakikatnya merupakan implementasi nilai-nilai yang bersumber dari 4 konsensus dasar, yaitu Pancasila, UUD 1945, Bhinneka Tunggal Ika, dan NKRI.

Nilai-nilai Pancasila, menurutnya, dapat diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari melalui hal-hal sederhana, seperti saling membantu dalam kebaikan.

Materi kedua dibawakan oleh Sudjito. Melalui penjelasannya, ancaman terhadap generasi muda ada tiga, yakni perkembangan teknologi, narkoba, dan radikalisme. Ketiganya menjadi alasan memudarnya nilai-nilai luhur bangsa dan meninggalkan Pancasila.

Menurut Sudjito, sikap-sikap yang seratus persen Pancasila, seperti sopan santun dan gotong royong perlu dipupuk kembali. Upayanya memang tidak mudah, diperlukan peran semua stakeholder agar nilai-nilai Pancasila dapat dibumikan kepada masyarakat, khususnya generasi muda.

Kegiatan ini adalah untuk menyosialisasikan mengenai Jejaring Panca Mandala sekaligus memperkuat pemahaman ideologi Pancasila kepada siswa SMK NU Lamongan. Hal ini dikarenakan makin melunturnya rasa nasionalisme dan penghayatan Pancasila generasi muda zaman sekarang. Oleh karena itu, harapannya kegiatan ini dapat menjadikan generasi muda, khususnya siswa SMK NU Lamongan dapat berperilaku sesuai dengan nilai-nilai Pancasila.

Dalam kegiatan ini, turut pula dilaksanakan pembagian bendera Merah Putih secara simbolis oleh Kabid Ideologi, Wasbang, dan Ketahanan Ekonomi, Sosial, Budaya dan Agama, Sapari, kepada Kepala SMK NU Lamongan, Ali Fadholi, sebagai bentuk menyukseskan Gerakan Pembagian 10 Juta Bendera Merah Putih.

PEMERINTAH KABUPATEN LAMONGAN
Badan Kesatuan Bangsa Dan Politik

Kontak

Jl. Lamongrejo No.92, Lamongan, Sidokumpul, Kec. Lamongan, Kabupaten Lamongan, Jawa Timur 62214


bakesbangpol@lamongankab.go.id
(0322)321706

Pengunjung

Hari Ini 0
Kemarin 0
Minggu Ini 0
Minggu Lalu 0
Bulan Ini 0
Bulan Lalu 0
Tahun Ini 0
Semua 0
#LamonganMegilan
© Badan Kesatuan Bangsa Dan Politik Kabupaten Lamongan 2023