Juni

22

 2023

Sosialisasi Deteksi Dini di Desa Solokuro

 bakesbang
 333
 22-Juni-2023

Sosialisasi Sinkronisasi (SOSIS) Deteksi Dini dan Penanganan Konflik diselenggarakan di Desa Solokuro, Kecamatan Solokuro pada Kamis (22/6) dengan narasumber Ali Makhfudl dari Komisi A DPRD Kabupaten Lamongan.

Kabid Kewaspadaan Nasional dan Penanganan Konflik, Choirul Umami, dalam sambutannya berharap kegiatan ini membawa berkah, serta menambah ilmu pengetahuan bersama terkait pencegahan dini konflik sosial di masyarakat dan peningkatan peran vital masyarakat dalam menjaga lingkungan tempat tinggalnya serta turut berperan aktif dalam menyukseskan kegiatan Pemilu 2024 mendatang ini.

Dalam penyampaian materinya, Ali Makhfudl menjelaskan bahwa penyebab konflik bisa berasal dari permasalahan yang ada di lingkungan sekitar. Karena itu, deteksi Dini merupakan sebuah langkah dan upaya yang perlu digalang di masyarakat sekitar tempat tinggal kita khususnya. Hal ini selain berguna sebagai langkah awal untuk mendeteksi adanya permasalahan juga untuk menentukan langkah-langkah dalam menentukan sebuah solusi maupun penyelesaian permasalahan.

Ali Makhfudl juga menambahkan bahwa akhir-akhir ini sering dijumpai menurunnya nilai toleransi dan tingkat kepedulian masyarakat saat ini, terkait banyak faktor pendukungnya. Padahal hal utama yang harus dipegang sebagai pedoman dalam deteksi dini di tatanan kehidupan masyarakat ini adalah tingkat toleransi dan kepedulian masyarakat karena ini merupakan benteng dan filter pertama dalam kehidupan dalam memerangi berbagai permasalahan kehidupan.

Menurutnya, pendeteksian dini diupayakan agar bisa membuka pemahaman masyarakat akan peran penting dalam menjaga kekondusifan dan stabilitas wilayah.

Kegiatan ini ditujukan untuk memberikan pemahaman akan pentingnya peningkatan toleransi dalam kehidupan bermasyarakat dan berkoordinasi dengan seluruh lapisan  masyarakat serta jajaran Pemerintahan dalam lingkungan sekitar agar bisa lebih peduli dalam menjaga, serta berperan aktif dalam menciptakan kestabilan wilayah maupun kekondusifan lingkungan tempat tinggal. 

PEMERINTAH KABUPATEN LAMONGAN
Badan Kesatuan Bangsa Dan Politik

Kontak

Jl. Lamongrejo No.92, Lamongan, Sidokumpul, Kec. Lamongan, Kabupaten Lamongan, Jawa Timur 62214


bakesbangpol@lamongankab.go.id
(0322)321706

Pengunjung

Hari Ini 0
Kemarin 0
Minggu Ini 0
Minggu Lalu 0
Bulan Ini 0
Bulan Lalu 0
Tahun Ini 0
Semua 0
#LamonganMegilan
© Badan Kesatuan Bangsa Dan Politik Kabupaten Lamongan 2023