Mei

24

 2023

Ziarah dan Tabur Bunga di Makam Mbah Gadung Mbarang

 bakesbang
 750
 24-Mei-2023

Dalam rangka kegiatan Hari Jadi Lamongan ke-454, Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten Lamongan bersama dengan Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Lamongan, Forkopimcam Karangbinangun, Kepala UPT/Korwil/instansi di Karangbinangun, dan Kepala Desa se-Kecamatan Karangbinangun melaksanakan kegiatan ziarah dan tabur bunga di Makam Mbah Gadung Mbarang, Desa Pendowolimo, Kecamatan Karangbinangun, pada Rabu (24/5).

Mbah Gadung merupakan salah satu tokoh yang berjasa menyebarkan agama Islam di Lamongan. Penyebaran Islam oleh Mbah Gadung diyakini dimulai pada abad 10-11 masehi, yang menghasilkan peninggalan jejak penyebaran Islam yang lebih tua dari Walisongo, bahkan lebih tua dari makam Siti Fatimah binti Maimun di Gresik yang dianggap sebagai makam Islam tertua di Jawa.

Salah satu jejak peninggalan Mbah Gadung yang bertahan saat ini adalah masjid yang didirikan dengan kubah yang di atasnya terdapat panah. Konon, panah kuno ini adalah milik Mbah Gadung sendiri.

Kegiatan ziarah dan tabur bunga di makam para tokoh Lamongan merupakan suatu bentuk penghormatan terhadap sejarah. Sebagai generasi penerus, diharapkan kepada masyarakat Lamongan agar bisa menjaga dan melestarikan peninggalan-peninggalan dan nilai-nilai yang diajarkan tokoh-tokoh tersebut untuk dipelajari dan diterapkan dalam kehidupan.

PEMERINTAH KABUPATEN LAMONGAN
Badan Kesatuan Bangsa Dan Politik

Kontak

Jl. Lamongrejo No.92, Lamongan, Sidokumpul, Kec. Lamongan, Kabupaten Lamongan, Jawa Timur 62214


bakesbangpol@lamongankab.go.id
(0322)321706

Pengunjung

Hari Ini 0
Kemarin 0
Minggu Ini 0
Minggu Lalu 0
Bulan Ini 0
Bulan Lalu 0
Tahun Ini 0
Semua 0
#LamonganMegilan
© Badan Kesatuan Bangsa Dan Politik Kabupaten Lamongan 2023