BAGIAN TATA PEMERINTAHAN

Rapat Penyelenggaraan Nama Rupabumi di Provinsi Jawa Timur

DPSDM Malang 05 Juni 2023, Kepala Bagian Tata Pemerintahan Moch Naim, MM beserta staf subbag Administrasi Kewilayahan Wachid M.A.I menghadiri Rapat Penyelenggaraan Nama Rupabumi di Provinsi Jawa Timur. Adapun undangan yg diperuntukkan dari kab/kota yaitu Kepala Bagian Tata Pemerintahan, Dinas Pendidikan, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan dan Dinas Permukiman Rakyat/Tata Ruang di Kab/Kota Wilayah Bakorwil Bojonegoro. 

Rapat ini bertujuan Mensosialisasikan tentang penamaan nama Rupabumi, menfasilitasi penamaan Rupabumi serta pentingnya data dalam proses pembangunan daerah dan melakukan persamaan presepsi antara Provinsi Jawa Timur dan Pusat Badan Informasi Geopasial.

Kepala Biro Pemerintahan Jawa Timur bpk. 'Jempin Marbun' mengatakan penamaan Nama Rupabumi merupakan hal yg penting, baik dari segi unsur alami maupun unsur buatan serta  kepentingan pembangunan dan tata letak secara geografis yang sudah diatur dalam perundang-undang. 

Pada Tahun 2022 perolehan Award Bhumandala didapatkan oleh Provinsi Jawa Timur dalam penamaan nama Rupabumi no 2 dibawah Provinsi Jawa Barat. Kabupaten Lamongan sendiri berada  diperingkat 2 dengan total penamaan Rupabumi sebanyak 8091 dibawah Kabupaten Sidoarjo yg memiliki 8259 Rupabumi di tingkat Provinsi Jawa Timur. 

Narsum BIG 'Ronald David Michael' Pokja Toponim, mengungkapkan strategi dan tingkat lanjut penyelenggaraan Nama Rupabumi 

1. Tingkat Penamaan Rupabumi 

Yaitu perlu dilakukan dan ditingkatkan, perluasan metode dengan memanfaatkan data sekunder, tingkat kualitas data, memiliki target yang jelas, evaluasi dan monitoring. 

2. Tingkat Penalaahan Rupabumi

Persiapkan data acuan resmi, melibatkan OPD terkait, dokumen pendukung, evaluasi dan monitoring.