April

05

 2021

Gowes Bersama Pak Yes, Khofifah Pantau Pemulihan Ekonomi Di Masa Pandemi

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, Minggu (4/4), melakukan gowes di Lamongan dengan tujuan menggerakkan kembali ekonomi Jatim di masa pandemi. Didampingi Bupati Lamongan Yuhronur Efendi, Gubernur Jatim mengunjungi IKM (Industri Kecil Menengah) suttle cock di Sidodadi.
Kepada Gubernur Jatim, Bupati YES mengungkapkan terkait upayanya dalam menggairahkan perekonomian Lamongan dengan terus mensosialisasikan gerakan Ayo Beli Produk Lamongan. "Ini salah satu dari pada UMKM di Lamongan (shuttle cock), ini yang memang sekarang mulai bergairah lagi, salah satu program kita adalah bagaimana menggairahkan kembali dari program UMKM bangkit ini. Jadi ada gerakan ayo beli produk Lamongan ini kita terus sosialisasikan, maksudnya supaya UMKM ini kembali begairah dan bangkit," ungkap YES.
Dikatakan Khofifah bahwa salah satu andalan Lamongan adalah sektor pertanian dan UMKM nya. Lamongan memiliki IKM suttle cock dengan proses produksi berbasis wilayah yang menurut Khofifah sangat luar biasa, karena mampu menciptakan brand yang tidak cukup hanya 1, namun 2 brand dapat dimunculkan.
"56,94 persen hampir 57 persen tulang punggung atau back bone dari PDRB Jatim adalah UMKM dan salah satunya adalah industri-industri kecil menengah, ini IKM suttle cock yang ada di Lamongan ini luar biasa. Kenapa? Karena saya pernah melihat suatu proses pembuatan suttle cock berbasis wilayah, jadi hampir satu desa, tapi mereka tidak punya brand, ini satu produk punya 2 brand, mixmax dan LA Cock. Oleh karena itu saya mohon nanti Pak Bupati terus memberikan pendampingan, penguatan," ucap Khofifah.
IKM suttle cock milik Edi Suyanto ini mampu menyerap 120 tenaga kerja, yang terbagi dua yakni pekerja di tempat dan di rumah. Usaha ini mulai beroperasi sejak 2005 dan mulai berkembang pada 2007 serta maju pesat mulai 2010 hingga kini. Usaha ini sudah menggunakan mesin otomatis, termasuk alat penguji produk dengan pemasaran melalui pihak ketiga, yang terbesar Jakarta dan Makassar.
Selain meninjau UMKM Lamongan, Gubernur Jatim dan Bupati Lamongan juga mengkampanyekan penggunaan masker dengan membagikan sembako dan masker di Pasar Sidoharjo. Selain itu, juga menggelar talk show di Radio Prameswara Lamongan dengan tema upaya pemulihan ekonomi di masa pandemi covid-19.
Dalam talk show ini, Gubernur Khofifah bersama instansi vertikal baik Bupati YES, Kepala BPS Jatim Dadang Hardiawan, Kepala Perum Bulog Divre Jatim Khozin, dan Dirut PT Bank Jatim Busrul Iman bersinergi mengupayakan percepatan pemulihan ekonomi serta penanganan covid-19.
Berbicara tentang upaya dalam membangkitkan ekonomi, Pemerintah Jatim telah bekerjasama dengan berbagai pihak untuk memberikan kemudahan dalam permodalan usaha, pemasaran, serta administrasi pengajuan kredit. Hal ini diharapkan mampu menjadi penyemangat dalam membangkitkan gairah masyarakat untuk bersama-sama beriringan memulihkan perekonomian meski di masa pandemi covid-19.
Tidak hanya membahas terkait pemulihan ekonomi, Gubernur juga mengajak masyarakat untuk tetap semangat dan mematuhi protokol kesehatan, terlebih di bulan Ramadhan nanti, agar ibadah yang dilakukan tidak sekedar khusyu' tetapi juga aman dan tetap terlindungi.
"Memang pandemi covid ini proses pemulihan ekonominya harus digerakkan bersama, semangat yang ada di sini, mudah-mudahan terus terjaga dan terus sukses kedepannya," imbuh Khofifah.

Web Instansi

Pengunjung

Hari Ini ..
Kemarin 0
Minggu Ini ..
Minggu Lalu 0
Bulan Ini ..
Bulan Lalu 0
Tahun Ini ..
Semua ..

© Pemerintah Kabupaten Lamongan 2022

#LaporPakYES